Camat Tenayan Raya
Kota Pekanbaru

Untuk meminimalisir rawan pemadaman listrik di Provinsi Riau,yang saat ini cadangan listrik hanya sekitar tiga persen dari beban puncak yang mencapai 503 Mw.Pemerintah telah membangun pembangkit listrik di Kawasan Tenayan Raya,Dalam kurun waktu dekat Pembangkit listrik tersebut sudah dapat difungsikan.sebelum difungsikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan Uji Coba Pembangkit Listrik tersebut pada bulan Juni yang akan datang.

Untuk diketahui, pengoperasian yang dicanangkan setelah proses uji coba diyatakan selesai.masih terhadap 1 dari dua mesin pembangkit Sementara untuk satu mesin pembangkitnya lagi akan dioperasikan pada bulan September mendatang. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya dengan kapasitas 2X110 megawatt (Mw).

"Saya dapat informasi uji coba satu mesin pembangkit dilakukan Juli," kata Walikota Pekanbaru,H.Firdaus,ST MT, Minggu (26/4/15).

Hal Senada juga disampaikan Wako Pekanbaru Ayat Cahyadi,informasi tersebut menjadi angin segar Provinsi Riau.khususnya Kota Pekanbaru,sebab krisis listrik yang melanda wilayah itu 10 tahun terakhir akan berangsur menuju pemulihan.Meski baru satu pembangkit yang diperkirakan selesai Juli tahun ini.

"Namun saya Optimis hingga akhir tahun 2015 nanti kedua pembangkit akan tuntas dan bisa beroperasi." Ujar Wako Pekanbaru.

Dengan akan beroperasi nya PLTU,Lanjut Ayat Cahyadi,di kawasan tenayan tersebut, Otomatis ada interkoneksi ke PLN sebesar 220 Mw Dimana saat ini sekitar tiga persen dari beban puncak yang mencapai 503 Mw.untuk itu secara bertahap Pemko akan berupaya menambah pembangkit listrik dari berbagai enegi termasuk energi terbarukan di wilayah itu, demi terpenuhinya beban puncak.

Terbukti, selain PLTU 2x110 MW Tenayan, tidak lama lagi di Kota Pekanbaru di kawasan yang sama akan di bangun satu lagi pembangkit listrik, Yakni Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), dalam waktu dekat ini juga proses tender lelang Pembangkit Listrik Tenaga Gas 2x250 MW oleh Kementerian akan di gelar.

"Kalau itu terlaksana, maka pembangunan sudah dilakukan tahun ini," katanya.

Karena itu,dia yakin dengan dibangunnya beberapa pembangkit listrik di wilayah itu, maka tahun 2018, kota Pekanbaru dan Provinsi Riau akan terbebas dari krisis listrik (metroterkini.com)